Ilmu Komputer

Variabel Dalam Delphi

Mengenal Variabel Di Delphi

Saat komputer menjalankan sebuah program tentu memerlukan data-data untuk di proses baik data input keyboard,mouse,dll. Data-data ini disimpan sementara didalam memory untuk digunakan oleh program. Dalam mengakses data di memory komputer menggunakan alamat dari memory dimana data tersebut di simpan, sedangkan untuk kita sulit rasanya apabila harus mengunakan alamat memory ketika menulis proram komputer.Untuk itu para pengembang bahasa pemrograman mempermudah penyebutan alamat tersebut dengan menamainya variabel dan konstanta.untuk konstanta saya sudah sedikit mengemukakan di artikel sebelumnya.Sekarang ini saya akan bahas tentang variabel.
Definisi
Kalau Saya boleh sederhanakan variabel di ibaratkan wadah atau tempat data disimpan selama program berjalan dan bersifat sementara.Lain halnya dengan konstanta Isi dari sebuah variabel dapat di rubah ketika program di jalankan.
Ember wadah air, lemari wadah pakaian.(maksudnya?).
Di atas saya mengibaratkan variabel sebagai wadah. nah wadah air dan pakaian ini adalah variabel, sedangkan ember dan lemari type/jenis dari variabel/wadah, untuk air dan pakaian adalah type/ jenis data/isi dari variabel. Kalau boleh saya beri nama ember ini si manis dan lemari si tangguh.(jangan ngetawain yah!),nah simanis dan si tangguh adalah nama dari variabel itu sendiri.
Teko dan Bak mandi
Keduanya sama-sama wadah air yang membedakan hanya kapasitas penampung nya saja.demikian juga type variabel mempunyai daya tampung data yang berbeda beda. Mengapa daya tampung nya harus berbeda-beda? salah satu alasannya adalah tamu akan marah bila disediakan air minum dari bak mandi.(nggak nyambung kang) weleh sory, alasan yang tepat adalah penghematan memory, karena mungkin memory tidak hanya dipakai oleh program yang kita buat saja. jadi mengapa harus menggunakan bak mandi kalau air yang kita gunakan hanya satu teko.
Ok sekarang kita terjemahkan bahasa alien di atas kedalam bahasa delphi.
Var
jumlahsiswa:byte;
jumlahpenduduk:cardinal;
namapenduduk:shortstring;
begin
jumlahsiswa :=35;
jumlahpenduduk :=104862334;
namapenduduk:=’abdurachim’;
end;

http://erwan19.wordpress.com/2011/06/10/variabel-dalam-delphi/

About dhetha230811

Dalam hidup terkadang kita tak dapat selalu melakukan hal yang besar, Namun kita bisa melakukan banyak hal kecil dengan cinta yang begitu besar....!!

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Translate

Blog Stats

  • 13,067 Pengunjung

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KapanLagi.Com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Bola Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Online:

Free SEO ToolsSubmit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!Msn bot last visit powered by MyPagerank.NetYahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net