Artikel, Ilmu Komputer

Cara menginstal atau mengupgrade ke Windows XP

Artikel ini menjelaskan cara menginstal Windows XP.
Sebelum memulai, Anda harus menyiapkan CD instalasi Windows XP dan kunci produk.Jika Anda tidak dapat menemukan CD Windows XP Anda atau tidak dapat menghubungi pabrikan komputer, Anda mungkin harus membeli salinan Windows XP baru. Kunjungi tautan berikut untuk informasi lebih lanjut:

Tergantung pada metode instalasi yang dipilih, Anda mungkin memerlukan CD boot atau disk boot. Jika tidak memiliki CD Windows XP atau disk boot, Anda harus mendapatkannya untuk menginstal atau mengupgrade ke Windows XP dengan menggunakan metode tertentu. Kaji metodenya untuk menentukan media yang Anda perlukan. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan disk boot Penataan Windows XP, klik nomor artikel berikut ini untuk melihat artikel dalam Basis Pengetahuan Microsoft:

310994  (http://support.microsoft.com/kb/310994/ ) Cara mendapatkan disk Penataan Windows XP untuk instalasi floppy boot.

Anda mungkin harus memecahkan masalah aktivasi kunci produk. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara memecahkan masalah instalasi, klik nomor artikel berikut untuk melihat artikel dalam Basis Pengetahuan Microsoft:

310637  (http://support.microsoft.com/kb/310637/ ) Anda menerima pesan kesalahan setelah Anda memasukkan kunci produk di saat Anda menginstal Windows XP

Jika metode instalasi yang dipilih mengharuskan Anda menjalankan komputer dari CD Windows XP, kandar CD atau DVD Anda harus dikonfigurasikan untuk melakukannya. Untuk informasi tentang cara mengkonfigurasikan komputer Anda agar dihidupkan dari kandar CD atau DVD, baca dokumentasi yang disertakan bersama komputer Anda atau hubungi pabrik pembuat komputer Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mulai menjalankan Penataan dari MS-DOS atau dari disk startup Windows 98/Windows Millennium Edition, klik nomor artikel berikut ini untuk melihat artikel dalam Basis Pengetahuan Microsoft:

307848  (http://support.microsoft.com/kb/307848/ ) Cara mulai menjalankan program penataan dari MS-DOS di dalam Windows XP (Artikel ini mungkin berisi link ke konten berbahasa Inggris (belum diterjemahkan)).

Metode untuk menginstal Windows XP

Ada lima metode untuk menginstal Windows XP. Kaji metode berikut ini dan pilih m…

//

Ada lima metode untuk menginstal Windows XP. Kaji metode berikut ini dan pilih metode yang sesuai untuk instalasi Anda.

  • Metode 1: Menjalankan instal bersih Windows XP
    Gunakan metode ini untuk instalasi bersih Windows XP. Instalasi bersih menghapus semua data dari kandar keras Anda dengan mempartisi ulang dan memformat ulang kandar keras dan menginstal ulang sistem operasi dan program ke kandar keras kosong (bersih).
  • Metode 2: Upgrade ke Windows XP
    Gunakan metode ini jika Anda mengupgrade ke Windows XP dari Microsoft Windows 98, Microsoft Windows Millennium Edition, atau Microsoft Windows 2000 Professional.
  • Metode 3: Instal Windows XP ke kandar keras baru
    Gunakan metode ini untuk menginstal Windows XP ke kandar keras baru. Ini umumnya dilakukan bila kandar keras baru dipasang pada komputer Anda.
  • Metode 4: Instal Windows XP ke map baru (instalasi paralel)
    Gunakan metode ini untuk menginstal Windows XP ke map baru (instalasi paralel) untuk menjalankan dua sistem operasi, atau untuk mengakses, memperbaiki, atau mengambil data dari disk yang rusak.
  • Metode 5: Jalankan operasi multi-boot
    Gunakan metode ini untuk menginstal Windows XP sebagai sistem operasi terpisah pada komputer Anda. Dengan cara ini Anda dapat menginstal lebih dari satu sistem operasi di komputer dan memilih sistem operasi mana yang ingin digunakan setiap kali menjalankan komputer.

Metode 1: Jalankan instalasi bersih Windows XP

// Penginstalan bersih terdiri dari menghapus semua data dari kandar keras dengan mempartisi ulang dan memformat ulang kandar keras dan menginstal ulang sistem operasi dan semua program ke kandar keras kosong (bersih). Untuk informasi lebih lanjut tentang hal-hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum mempartisi dan memformat kandar keras Anda, dan cara mempartisi dan memformat kandar keras Anda menggunakan program penataan Windows XP, klik nomor artikel untuk melihat artikel dalam Basis Pengetahuan Microsoft:

313348  (http://support.microsoft.com/kb/313348/ ) Cara mempartisi dan memformat kandar keras pada Windows XP (Artikel ini mungkin berisi link ke konten berbahasa Inggris (belum diterjemahkan)).

Untuk menjalankan instalasi bersih Windows XP, ikuti langkah ini:

  1. Buat cadangan semua informasi penting sebelum Anda menjalankan instalasi bersih Windows XP. Simpan cadangan di lokasi lain, misalnya CD atau kandar keras eksternal.
  2. Hidupkan komputer dari CD Windows XP. Untuk melakukannya, masukkan CD Windows XP ke kandar CD atau DVD Anda, kemudian hidupkan ulang komputer.Catatan Untuk boot dari CD Windows XP Anda, pengaturan BIOS pada komputer harus dikonfigurasikan untuk melakukannya.
  3. Apabila Anda melihat pesan “Tekan sembarang tombol untuk boot dari CD”, tekan sembarang tombol untuk menghidupkan komputer dari CD Windows XP.
  4. Pada layar Selamat Datang di Penataan , tekan ENTER untuk mulai menjalankan penataan Windows XP.
  5. Baca Syarat Lisensi Perangkat Lunak Microsoft, kemudian tekan F8.
  6. Ikuti petunjuk di layar untuk memilih dan memformat partisi di mana Anda ingin menginstal Windows XP.
  7. Ikuti petunjuk padalayar untuk menyelesaikan Penataan Windows XP.

Jika berhasil menginstal Windows XP, Anda telah selesai. Jika langkah ini tidak membantu Anda menginstal Windows XP, lanjutkan ke bagian “Langkah Berikutnya”.

Metode 2: Upgrade ke Windows XP

// Bagian ini menjelaskan cara mengupgrade ke Windows XP dari Windows 98, Windows Millennium Edition, dan Windows 2000 Professional.

Catatan Windows 2000 dan Windows 2000 Professional hanya dapat diupgrade ke Windows XP Professional. Anda tidak dapat mengupgrade Windows 2000 ke Windows XP Home.

Penting Sebelum memulai proses upgrade, hubungi pabrikan komputer Anda untuk mendapatkan pembaruan BIOS terbaru untuk komputer Anda kemudian instal pembaruan tersebut. Jika Anda memperbarui BIOS setelah Anda mengupgrade komputer, Anda mungkin harus menginstal ulang Windows XP untuk mengambil keuntungan dari berbagai fitur seperti Konfigurasi Lanjut dan Antarmuka Daya (ACPI) yang mendukung BIOS. Jika Anda dapat melakukannya, perbarui firmware pada semua perangkat keras sebelum memulai upgrade.

Anda mungkin ingin memutus hubungan Internet selama penginstalan. Langkah ini tidak harus dilakukan, tetapi memutuskan dari Internet selama penginstalan membantu melindungi komputer Anda. Untuk perlindungan tambahan, Anda mungkin juga ingin mengaktifkan firewall Internet Explorer Microsoft. Untuk informasi lebih lanjut, lihat topik “Mengaktifkan atau menonaktifkan Firewall Sambungan Internet” pada Bantuan sistem operasi Windows. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mempersiapkan Windows 98 atau Windows Millennium Edition untuk upgrade ke Windows XP, klik nomor artikel berikut untuk melihat artikel dalam Basis Pengetahuan Microsoft:

316639  (http://support.microsoft.com/kb/316639/ ) Cara mempersiapkan Windows 98 atau Windows Millennium Edition untuk meng-upgrade ke Windows XP

Untuk mengupgrade ke Windows XP, ikuti langkah ini:

  1. Hidupkan komputer Anda, kemudian masukkan CD Windows XP ke kandar CD atau DVD.
  2. Jika Windows secara otomatis mendeteksi CD, klik Menginstal Windowsuntuk mulai menjalankan Wisaya Penataan Windows XP.Jika Windows tidak mendeteksi CD secara otomatis, klik Mulai. Kemudian klik Jalankan. Ketik perintah berikut, dan kemudian klik OK:
    Huruf kandar CD:\setup.exe
  3. Apabila Anda diminta untuk memilih jenis penginstalan, pilih Upgrade (pengaturan default), kemudian klik Berikutnya.
  4. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan upgrade.

Jika berhasil mengupgrade Windows XP, Anda telah selesai. Jika langkah ini tidak membantu Anda mengupgrade Windows XP, lanjutkan ke bagian “Langkah Berikutnya”.

Metode 3: Instal Windows XP ke kandar keras baru

// Metode ini menjelaskan cara menginstal Windows XP ke kandar keras baru. Ini umumnya dilakukan bila kandar keras baru dipasang pada komputer Anda.

Catatan Anda akan memerlukan CD sistem operasi sebelumnya untuk menyelesaikan metode ini.

Sebelum memulai, hidupkan komputer dengan menggunakan salah satu media berikut:

  • Disk startup Microsoft Windows 98/Windows Millennium
  • CD Windows XP atau disk boot Windows XPCatatan CD Windows XP adalah media yang lebih disukai dalam langkah berikut. Namun, disk boot Windows XP akan bekerja jika Anda tidak memiliki CD.

Untuk menginstal Windows XP ke kandar keras baru, ikuti langkah ini:

  1. Hidupkan komputer dari CD (atau disk boot) Windows XP. Untuk melakukannya, masukkan CD Windows XP ke kandar CD atau DVD Anda, kemudian hidupkan ulang komputer.
  2. Apabila muncul pesan “Tekan sembarang tombol untuk boot dari CD”, tekan sembarang tombol untuk menghidupkan komputer dari CD Windows XP.
  3. Pada layar Selamat Datang di Penataan , tekan ENTER untuk memulai Penataan Windows XP.
  4. Baca Syarat Lisensi Perangkat Lunak Microsoft, kemudian tekan F8.
  5. Saat Anda diminta untuk CD Windows XP, masukkan CD Windows XP Anda.
  6. Hidupkan ulang komputer.
  7. Apabila Anda melihat pesan “Tekan sembarang tombol untuk boot dari CD”, tekan sembarang tombol untuk menghidupkan komputer dari CD Windows XP.
  8. Pada layar Selamat Datang di Penataan , tekan ENTER untuk mulai menjalankan penataan Windows XP.
  9. Ikuti petunjuk di layar untuk memilih dan memformat partisi di mana Anda ingin menginstal Windows XP.
  10. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penataan Windows XP.

Jika berhasil menginstal Windows XP, Anda telah selesai. Jika langkah ini tidak membantu Anda menginstal Windows XP ke kandar keras baru, lanjutkan ke bagian “Langkah Berikutnya”.

Metode 4: Instal Windows XP ke map baru (instalasi paralel)

// Metode ini menjelaskan cara menginstal Windows XP ke map baru (instalasi paralel) untuk menjalankan dua sistem operasi, atau mengakses, memperbaiki, atau mengambil data dari disk yang rusak.

Sebelum memulai, hidupkan komputer dengan menggunakan salah satu media berikut:

  • Disk startup Microsoft Windows 98/Windows Millennium Edition
  • CD Windows XP atau disk boot Windows XPCatatan CD Windows XP adalah media yang lebih disukai dalam langkah berikut. Namun, disk boot Windows XP akan bekerja jika Anda tidak memiliki CD.

Untuk menginstal Windows XP ke map baru (juga dikenal sebagai instalasi paralel), ikuti langkah ini:

  1. Hidupkan komputer dari CD (atau disk boot) Windows XP. Untuk melakukannya, masukkan CD Windows XP ke kandar CD atau DVD Anda, kemudian hidupkan ulang komputer.
  2. Apabila muncul pesan “Tekan sembarang tombol untuk boot dari CD”, tekan sembarang tombol untuk menghidupkan komputer dari CD Windows XP.
  3. Pada layar Selamat Datang di Penataan , tekan ENTER untuk memulai Penataan Windows XP.
  4. Baca Syarat Lisensi Perangkat Lunak Microsoft, kemudian tekan F8.
  5. Pilih partisi yang Anda inginkan untuk menginstal Windows XP, kemudian tekan ENTER.
  6. Pilih opsi Biarkan sistem berkas yang sekarang tetap utuh (tanpa perubahan) , kemudian tekan ENTER untuk melanjutkan.
  7. Tekan ESC untuk menginstal ke map yang berbeda.Jika program penataan mendeteksi map sistem operasi yang lain, maka program akan meminta Anda mengetik nama untuk map baru setelah backslash (\), misalnya, \WINXP. Jika tidak terdapat sistem operasi yang lain, program penataan secara otomatis akan menamai map \Windows. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mengubah nama map pada penginstalan baru, klik nomor artikel berikut untuk melihat artikel dalam Basis Pengetahuan Microsoft:
    315242  (http://support.microsoft.com/kb/315242/ ) Cara menetapkan nama map asli untuk penginstalan ulang Windows XP (Artikel ini mungkin berisi link ke konten berbahasa Inggris (belum diterjemahkan)).
  8. Tekan ENTER untuk melanjutkan.
  9. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penataan Windows XP.

Jika berhasil menginstal Windows XP, Anda telah selesai.

Jika langkah ini tidak membantu Anda menginstal Windows XP ke map baru, lanjutkan ke bagian “Langkah Berikutnya”.

Metode 5: Jalankan operasi multi-boot

// Gunakan metode ini untuk menginstal Windows XP sebagai sistem operasi terpisah pada komputer Anda. Dengan cara ini Anda dapat menginstal lebih dari satu sistem operasi dan memilih sistem operasi mana yang ingin digunakan setiap kali menjalankan komputer. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara melakukan multi-boot Windows XP serta versi Windows dan MS-DOS lainnya, klik nomor artikel berikut untuk melihat artikel dalam Basis Pengetahuan Microsoft:

217210  (http://support.microsoft.com/kb/217210/ ) Cara melakukan multi-boot Windows XP, Windows 2000, Windows NT, WIndows 95,Windows 98, Windows Me, dan MS-DOS (Artikel ini mungkin berisi link ke konten berbahasa Inggris (belum diterjemahkan)).

Jika berhasil menginstal Windows XP, Anda telah selesai. Jika langkah ini tidak membantu Anda menginstal Windows XP, lanjutkan ke bagian “Langkah Berikutnya”.

PEMECAHAN MASALAH

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara memecahkan masalah instalasi, klik no…

//

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara memecahkan masalah instalasi, klik nomor artikel berikut untuk melihat artikel dalam Basis Pengetahuan Microsoft:

310637  (http://support.microsoft.com/kb/310637/ ) Anda menerima pesan kesalahan setelah Anda memasukkan kunci produk di saat Anda menginstal Windows XP
310064  (http://support.microsoft.com/kb/310064/ ) Cara memecahkan masalah selama penginstalan ketika Anda mengupgrade dari Windows 98 atau Windows Millennium Edition ke Windows XP (Artikel ini mungkin berisi link ke konten berbahasa Inggris (belum diterjemahkan)).

Untuk informasi lebih lanjut tentang pemecahan masalah dan Dukungan Windows XP, lihat Pusat Solusi Windows XP. Kunjungi situs Web Microsoft berikut:

LANGKAH BERIKUTNYA

Jika metode ini tidak bekerja untuk Anda, Anda dapat menggunakan situs Web Layan…

//

Jika metode ini tidak bekerja untuk Anda, Anda dapat menggunakan situs Web Layanan Dukungan Pelanggan Microsoft untuk mencari solusi lain untuk masalah Anda. Beberapa layanan yang disediakan oleh situs Web Layanan Dukungan Pelanggan Microsoft mencakup:

Jika terus mengalami masalah, Anda mungkin ingin menghubungi Dukungan:

INFORMASI LEBIH LANJUT

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menginstal Windows XP Professional, k…

// Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menginstal Windows XP Professional, klik nomor artikel berikut ini untuk melihat artikel dalam Basis Pengetahuan Microsoft:

286463  (http://support.microsoft.com/kb/286463/ ) Catatan peluncuran untuk Setup Windows XP dapat dijumpai di berkas Pro.txt (Artikel ini mungkin berisi link ke konten berbahasa Inggris (belum diterjemahkan)).

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menginstal Windows XP Home Edition, klik nomor artikel berikut ini untuk melihat artikel dalam Basis Pengetahuan Microsoft:

306824  (http://support.microsoft.com/kb/306824/ ) Catatan Peluncuran untuk Penataan Windows XP Dapat Dijumpai di File Home.txt

Untuk informasi selengkapnya, klik nomor artikel berikut untuk melihat artikel pada Basis Pengetahuan Microsoft:

307726  (http://support.microsoft.com/kb/307726/ ) Keterangan tentang Upgrade Advisor Windows XP (Artikel ini mungkin berisi link ke konten berbahasa Inggris (belum diterjemahkan)).
314062  (http://support.microsoft.com/kb/314062/ ) Daftar Kompatibilitas Perangkat Keras Windows XP yang terbaru (Artikel ini mungkin berisi link ke konten berbahasa Inggris (belum diterjemahkan)).
295322  (http://support.microsoft.com/kb/295322/ ) Cara menentukan apakah perangkat keras dan lunak kompatibel dengan Windows XP (Artikel ini mungkin berisi link ke konten berbahasa Inggris (belum diterjemahkan)).

Apabila artikel Basis Pengetahuan Microsoft ini tidak membantu Anda mengatasi masalah, atau apabila Anda mengalami gejala yang berbeda dari yang dijelaskan dalam artikel ini, cari Basis Pengetahuan Microsoft untuk informasi lebih lanjut. Untuk mencari Basis Pengetahuan Microsoft, kunjungi Web site Microsoft:

http://support.microsoft.com (http://support.microsoft.com/)

Kemudian, ketik teks dari pesan galat yang Anda terima, atau ketik keterangan masalah di bidang Dukungan Pencarian (KB).

Sumber : http://support.microsoft.com/kb/316941/id-id#top

About dhetha230811

Dalam hidup terkadang kita tak dapat selalu melakukan hal yang besar, Namun kita bisa melakukan banyak hal kecil dengan cinta yang begitu besar....!!

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Translate

Blog Stats

  • 13,067 Pengunjung

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KapanLagi.Com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Bola Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Online:

Free SEO ToolsSubmit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!Msn bot last visit powered by MyPagerank.NetYahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net